KENAPA BAYI SULIT TIDUR DI MALAM HARI? YUK KENALI PENYEBABNYA DAN CARA MENGATASINYA

penyebab bayi susah tidur di malam hari dan cara mengatasinya


Baru punya bayi, Bu? Bahagianya. Selamat yah. 


Saya jadi ingat saat pertama punya bayi dulu. Selain bahagia tetapi dunia ini jadi terasa penuh tantangan. Salah satu tantangan itu adalah karena bayi saya sulit tidur di malam hari. Jadi ya, mau ngga mau ibunya harus begadang.

Ternyata bayi yang baru lahir biasanya akan tidur sebanyak enambelas sampai tujuhbelas jam dalam sehari. Tapi itu dicicil. Maksudnya setiap bayi akan tertidur hanya sekitar satu sampai dua jam kemudian ia akan terbangun kembali.

Sedangkan untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas, membutuhkan waktu tidur sebanyak duabelas sampai enambelas jam per harinya. Pada usia ini pun bayi masih sering terbangun beberapa menit, lalu kemudian kembali tidur.
Penting untuk diketahui oleh kita para ibu, ada beberapa penyebab bayi susah tidur di malam hari. Seperti:
penyebab bayi susah tidur di malam hari dan cara mengatasinya

1. Hidung Mampet

Hidung mampet yang terjadi pada bayi biasanya adalah salah satu cara tubuh bayi melawan kuman. Karena kondisi bayi yang baru lahir memerlukan banyak penyesuaian, maka akan terjadi penumpukan lendir pada hidung yang membuatnya susah bernapas. 
Jadi ngga ada salahnya kalau kita sering-sering memeriksa hidung bayi. Bantu keluarkan lendir yang ada dalam hidung dan juga gumpalan kotoran hidung yang telah mengering.

2. Gumoh

Gumoh ini berbeda dengan muntah. Gumoh terjadi pada bayi usia empat sampai lima bulan pada kondisi badan yang sehat. Biasa terjadi terutama setelah ia minum susu. Bisa terjadi bersamaan dengan sendawa. Pada gumoh, cairan keluar dengan sendirinya.



3. Gangguan Telinga

Masih karena proses penyesuaian tubuh dengan dunia, terkadang bayi juga mengalami gangguan pada telinga. Jika ini terjadi maka bayi akan rewel dan sulit tidur.
Karena adanya virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penumpukan cairan di bagian belakang gendang telinga. Dan hal ini juga dapat menyebabkan bayi terkena infeksi. 
Jadi sering-sering diperiksa ya, Bu. Kalau memang ada buru-buru periksa ke dokter.

4. Tumbuh Gigi

Ini juga menjadi salah satu penyebab anak rewel sampai ngga bisa tidur. Tumbuh gigi juga bisa menyebabkan demam pada bayi. Proses tumbuh gigi bisa berlangsung sangat lama. Jadi ibu juga harus sabar jika bayi berada dalam posisi ini yah.

5. Sleep apnea

Yang satu ini sudah termasuk masalah serius. Karena sleep apnea ini dapat mengganggu sistem pernapasan pada bayi saat tidur. Jika orang tua dulu sering ngasih tau kita agar sering menengok bayi saat tidur, ya mungkin maksudnya untuk menghindari sleep apnea ini.

Soalnya semua bayi memiliki risiko terkena sleep apnea ini. Tapi memang lebih sering terjadi pada bayi yang prematur. Yang lahirnya sebelum minggu ke-37 kehamilan. 
Bayi yang terlahir dalam kondisi Down sindrom dan kelainan bawaan yang mengganggu saluran pernapasan atas lebih rentan terkena risiko sleep apnea.

Setelah mengetahui penyebab bayi susah tidur pada malam hari, ada baiknya juga kita melakukan beberapa cara untuk membuat bayi tidur dengan nyaman di malam hari.
penyebab bayi susah tidur di malam hari dan cara mengatasinya

1. Perhatikan Kebersihan Bayi

Sebelum bayi beranjak tidur, sebaiknya kita periksa dulu kondisi kebersihan badan dan juga tempat tidur bayi. Ganti juga pampers dengan yang baru untuk kenyamanan dan kesehatan bayi.

2. Beri petunjuk pada bayi tentang siang dan malam

Biasanya bayi memang tidurnya belum teratur. Tapi kita juga bisa memberi petunjuk pada bayi tentang siang dan malam agar ia terbiasa dan bisa membedakan sendiri. Pada siang hari ngga ada salahnya kita ajak bayi keluar rumah. Ajak bayi bermain dan berinteraksi dengan sekitar. Atur juga pencahayaan antara siang dan malam agar bayi bisa membedakannya. Usahakan bayi jangan terlalu lama tidur di siang hari agar ia bisa terlelap dengan puas di malam hari.

3. Pastikan bayi sudah kenyang

Jika bayi merasa lapar ia akan sulit sekali tertidur. Jadi berilah susu sebelum ia tidur. Atau beri cemilan sesuai dengan usianya satu atau dua jam sebelum tidur.

4. Batasi aktifitas bayi saat menjelang tidur

Jangan terlalu sering menggoda atau mengajak ngobrol bayi pada saat ia mau tidur. Cukup beri usapan lembut untuk membantunya tidur. 

5. Beri suasana nyaman pada bayi saat menjelang tidur

Pelukan ibu sangat diperlukan pada saat-saat ini. Selain memberikan rasa nyaman, pelukan juga bisa memperkuat ikat batin antara ibu dan bayi.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KENAPA BAYI SULIT TIDUR DI MALAM HARI? YUK KENALI PENYEBABNYA DAN CARA MENGATASINYA"

Post a Comment