Uri Cran Cranberry Extract Mengatasi Anyang-anyangan


Buah Cranberry yang juga memiliki nama latin Vaccinium oxycoccos adalah salah satu tanaman jenis berry dan termasuk dalam kategori  tanaman semak yang biasa kita lihat tumbuh secara liar. 

Ternyata tanaman cranberry ini memiliki banyak kesamaan dengan tanaman blueberry, yang membuat berbeda adalah cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan juga Kanada. 

Menurut sejarah, buah cranberry sudah diketahui memiliki khasiat sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, buah cranberry bisa digunakan sebagai penyembuh luka akibat terkena anak panah. Dan beberapa tahun belakangan, buah cranberry kembali populer digunakan, sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, anti oksidan dan dapat mencegah penyakit sariawan.

Kandungan Buah Cranberry

Buah Cranberry selain mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi juga kaya akan serat makanan. Mengandung mineral, peonidin dan flavonoid antosianidin, sianidin, quercetin dan juga memiliki senyawa fitokimia.

Senyawa fitokimia merupakan salah satu sumber antioksidan polifenol, membuat buah cranberry  bermanfaat bagi kesehatan jantung dan juga dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti penyakit kanker.

Manfaat mengkonsumsi Buah Cranberry

Anyang-anyangan sejak dulu banyak menyerang kaum wanita terutama yang berada di atas usia 20 tahun. Menderita anyang-anyangan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, selain menyebabkan ketidaknyamanan, anyang-anyangan juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit yang lebih berbahaya. 

Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan adalah mengkonsumsi jus buah cranberry karena diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih.

Buah cranberry juga memiliki antioksidan yang biasa disebut proanthocyanidins, yang juga dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab infeksi ini.

Antioksidan yang dimiliki buah Cranberry juga memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak dapat menempel di saluran kemih, sehingga bakteri tidak dapat menularkan infeksi.

Kandungan flavonoid antosianidin, quercetin, sianidin, dan peonidin yang juga terdapat pada buah cranberry juga dapat melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Riset Mengenai Buah Cranberry

Sejak jaman dahulu, cranberry telah digunakan untuk berbagai macam pengobatan, karena memiliki kandungan yang amat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan meningkatkan daya tahan kondisi tubuh. 

Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer sudah digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan. Bahkan kini ekstrak buah cranberry pun mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan juga kesehatan saluran kemih. 

Kemudian lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, telah mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan yang dapat mengobati saluran kencing pada bulan April 2004. 

Hal ini telah dibuktikan dan didukung oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri yang menyerang saluran kencing.

Saat ini tidak perlu lagi repot mencari obat untuk anyang-anyangan karena extract buah cranberry dapat ditemukan di dalam uricran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Uri Cran Cranberry Extract Mengatasi Anyang-anyangan"

Post a Comment